javascript hit counter
18
JUL
2013

Pengumuman Jadwal Seleksi Penerimaan CPNS 2014 Resmi MENPAN-RB

Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, rincian usulan formasi CPNS terbaru tersebut diperlukan agar penetapan dan persetujuan rincian formasi CPNS terbaru oleh Menteri PANRB kepada instansi dapat dilaksanakan sesuai jadwal, yakni minggu kedua Agustus 2014. Diharapkan jadwal CPNS terbaru itu bisa ditepati, sehingga instansi yang membuka formasi CPNS terbaru, dapat mengumumkan lowongan formasi antara tanggal 11 sampai 24 Agustus 2014. “Tahapan berikutnya adalah pendaftaran secara online, melalui portal nasional http://panselnas.menpan.go.id pada tanggal 25-29 Agustus 2014,” ujarnya di Jakarta, Kamis.

Pendaftaran CPNS Tanggal 29 Agustus 2014 – Lebih lanjut diungkapkan, sesuai jadwal sementara, pelaksanaan seleksi CPNS terbaru baik tes kemampuan dasar (TKD) maupun tes kemampuan bidang (TKB) bagi instansi yang menyelenggarakan, akan dimulai tanggal 1 September 2014 sampai dengan selesai. Semua instansi yang menyelenggarakan seleksi CPNS tahun ini menggunakan sistem computer assisted test atau CAT CPNS. Lamanya pelaksanaannya tergantung jumlah pelamar dan kapasitas instalasi CAT CPNS yang ada.

Dengan diumumkannya secara resmi tanggal pendaftaran CPNS terbaru pada tahun 2014 ini, memberikan angin segar bagi masyarakat Indonesia yang ingin mendaftar sebagai pegawai negeri sipil (CPNS), pendaftaran CPNS terbaru tanggal 29 Agustus 2014 nanti akan menjadi momentum yang penting bagi para calon peserta seleksi CPNS dimana sebagai awalan dalam proses pelaksanaan penerimaan CPNS terbaru tahun 2014 ini dan semoga dalam pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya isu-isu negatif seperti adanya KKN seperti pada tahun sebelumnya.

Berikut ini adalah Pengumuman jadwal Seleksi CPNS terbaru tahun 2014 Resmi dari MENPAN-RB :

No
Kegiatan
Waktu
1
Penetapan persetujuan rincian formasi instansi
…… 2014
2
Pengumuman dan pendaftaran penerimaan CPNS
… 2014
3
Pelaksanaan ujian TKD dan TKB
a. Computer Assisted Test (CAT)
Mulai …. 2014 (tergantung jadwal yg dialokasikan)
b. Lembar Jawaban Komputer (LJK)
3 November 2013
c. Sekolah Kedinasan
….. 2014
4.
Pengolahan hasil TKD dan TKB
….. 2014
5.
Pengumuman hasil seleksi CPNS
….. 2014
6.
Pemberkasan dan penetapan NIP
…. 2014

Pengumuman Pengadaan CPNS terbaru Tahun 2014 Seluruh Kabupaten Kota Provinsi di Indonesia Silakan anda pilih provinsi anda, untuk bisa melihat pengumuman cpns tingkat pemda/pemkot dan pemprov tahun anggaran 2014. Pengumuman dan Daftar Online CPNS terbaru Kabupaten dan kota Anda akan diumumkan di masing masing provinsi.

Bagi anda yang berminat melamar pekerjaan sebagai PNS di lingkungan pemerintah mungkin sebaiknya anda mengtahui apakah usia anda masih masuk dalam syarat , hal-hal yang menjadi dasar penentuan syarat usia peserta tes CPNS terbaru ini adalah Keputusan kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 tahun 2002 Tentang Ketentuan pelaksanaan Peraturan pemerintah nomor 98 tahun 2000 Tentang pengadaan pegawai negeri sipil sebagaimana telah diubah dengan peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2002 yang membahas penentuan syarat umur para peserta yang ingin mendaftar menjadi pegawai negeri sipil.

Syarat Usia Peserta Tes CPNS terbaru – Pada peraturan tersebut syarat umur pelamar CPNS terbaru ditetapkan berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun. Artinya pelamar yang belum mencapai usia 18 (delapan belas) tidak dapat diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil. Usia seorang pelamar ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tercantum dalam Surat Tanda Tamat Belajar/ Ijazah yang digunakan sebagai dasar pengangkatan.

Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya penerimaan CPNS terbaru tahun ini juga menyaratkan jurusan atau program studi ( Progdi ) tertentu dalam kualifikasi pendidikan untuk formasi CPNS. Secara resmi Kemenpan RB telah mengumumkan formasi yang dibutuhkan pada penerimaan CPNS  tahun 2014. Pihak Kemenpan RB menetapkan beberapa formasi dari seluruh intansi yang membuka formasi CPNS 2014, diluar ketetapan ini (kualifikasi pendidikan) tidak akan diakomodir oleh pihak Kemenpan. Secara garis besar formasi CPNS tahun 2014 tersebut digolongkan menjadi 7 (tujuh) kategori jabatan mulai dari formasi jabatan guru, fungsional umum, fungsional tertentu, peneliti, instruktur, dosen dan dokter.

Kualifikasi Pendidikan Untuk Formasi CPNS terbaru – Semua formasi yang dibuka dalam penerimaan CPNS terbaru tahun ini tersebar ke berbagai instansi sesuai kebutuhan dan verifikasi analisa jabatan. Masing-masing formasi memiliki kebutuhan background pendidikan yang berbeda-beda tergantung sifat dan tanggung jawab pegawai negri sipil nantinya. Dengan pembagian jabatan yang sesuai dengan pendidikan peserta seleksi CPNS terbaru diharapkan jika masuk menjadi PNS kelak pegawai dapat menerapkan ilmu mereka untuk kemajuan negara dalam kapasitas mereka sebagai pegawai negeri sipil.

Beriktu ini adalah daftar kualifikasi pendidikan untuk formasi CPNS terbaru yang resmi dibuka dalam penerimaan CPNS terbaru tahun ini :

  • Daftar Jabatan Fungsional Guru
  • Daftar Jabatan Fungsional Umum
  • Daftar Jabatan Fungsional Tertentu
  • Daftar Jabatan Fungsional Peneliti
  • Daftar Jabatan Fungsional Instruktur
  • Daftar Jabatan Fungsional Dosen
  • Daftar Jabatan Fungsional Dokter

 

Metode Ujian CPNS terbaru 2014

Direncanakan semua Instansi pusat maupun daerah pada penerimaan CPNS 2014 akan menerapkan ujian CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Yaitu ujian yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu komputer. Instansi pusat dan beberapa pemerintah provinsi dipastikan akan menerapkan sistem CAT CPNS ini. Info tentang Tes Cat CPNS dapat anda lihat di tulisan saya tentang : Latihan Sistem CAT CPNS 2014.

Dalam upaya mewujudkan tuntutan masyarakat dalam perekrutan PNS yang adil, sekaligus sebagai sarana untuk menghasilkan tenaga professional, BKN telah membangun sistem rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi secara komputerisasa yang disebut Computer Assisted Test (CAT). CAT terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), Tes Kompetensi Kepegawaian (TKK). Sebagai tahap awal pemerintah dalam hal ini adalah BKN dan Kemenpan sebagai pelaksana telah melakukan sosialisasi sistem CAT ini diberbagai kota di Indonesia. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang sistem tes seleksi penerimaan CPNS tahun 2014 yaitu dengan metode simulasi CAT.

CAT CPNS yang berada dibawah Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai bertujuan :

  • Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
  • Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
  • Mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.

 

Keunggulan/Manfaat Penggunaan CAT  CPNS terbaru :

  • Peserta tes CPNS dapat mendaftarkan diri melalui internet.
  • Peserta tes CPNS dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh.
  • Keseluruhan materi soal tes komputerisasi dasar (tes pengetahuan umum, Tes bakat skolastik dan tes skala kematangan) dan tes kompetensi kepegawaian (tes pengetahuan umum, tes substansi kepegawaian, dan tes skala kematangan) dapat diakses melalui computer.
  • Penilaian dilakukan secara obyektif.
  • Peserta ujian CPNS dapat segera mengetahui capaian nilai (skor) yang diperoleh setelah ujian selesai.

 

Sistem CAT CPNS terbaru ini memiliki karakteristik :

  • Aplikasi CAT CPNS dijalankan pada computer dengan Platform Windows berbasis WEB guna mempermudah pengembangan jangka panjang.
  • Aplikasi CAT CPNS  menggunakan narasi untuk menjelaskan bahasan yang disajikan pada monitor computer.
  • Aplikasi CAT CPNS  disertai video gerakan mouse, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya.
  • Tutorial CAT CPNS  disertai teks yang berisis perintah pada layar monitor computer agar peserta tes dapat langsung memahami dan mempraktekannya.

 

Berikut ini adalah bagan alur seleksi penerimaan CPNS terbaru tahun 2014 :

diagram_alur_pendaftaran

Diagram Alur pendaftaran CPNS tahu 2014

Bagi anda yang ingin mendaftar seleksi CPNS 2014 selalu ikuti perkembangan yang ada. CPNS memang masih menjadi impian kebanyakan orang di indonesia ini karena adanya perasaan nyaman ketika sudah menjadi PNS.

Banyak cara yang dilakukan olah berbagai pihak dalam rangka pelaksanaan penerimaan CPNS ini mengingat banyak pihak yang akan terlibat mulai dari peserta yang mendaftarkan diri menjadi peserta CPNS, dari para panitia penerimaan CPNS sendiri.

Selain itu sosialisasi juga mulai gencar dilaksanakan untuk menjaring jumlah peserta CPNS juga sebagai salah satu cara untuk memerikan gambaran kepada masyarakat tentang sistem baru pada pelaksanaan CPNS tahun 2014 ini yaitu menggunakan Software aplikasi CAT CPNS pada tes penerimaan CPNS tahun 2014 ini.

Link Sumber berita : http://cpnskementerian.info/

Leave a Reply

*

captcha *